Button vs LCD (2x16)

4 komentar
Setelah anda membuat program Menampilkan Huruf dengan DOTMATRIX, sekarang kami akan melanjutkan ke materi tentang Button vs LCD (2x16). Maksud dari Judul materi itu bagaimana ? Jadi sistem kerja dari program ini kita menggunakan simulasi Proteus dan AVR dengan  tujuannya adalah menampilkan tulisan pada LCD 2x16  ketika proteus anda jalankan. Lalu apa hubungannya dengan Button ? Disini Button kita jadikan sebagai pengontrol, dimana nanti ketika anda tekan tombol Button 1 maka akan keluar tampilan teks (sesuai yang ingin anda buat) dan seterusnya (disini menggunakan 8 Button tapi yang kami gunakan 4 saja). 

Tetapi, didalam Materi Button vs LCD (2x16) sebelum anda tekan Button 1, ketika proteus anda jalankan maka akan menampilkan teks terlebih dahulu (bisa dikatakan sebagai teks pembukaan/salam). Kemudian ketika anda tekan Button 1 ...n, maka akan menampilkan tampilan teks yang berbeda-beda tentunya.

Materi Button vs LCD (2x16) ini pada dasarnya sangat simpel dan mudah sekali, anda hanya cukup memahami alur dari Schematic dan Program yang nanti akan anda buat apakahs sesuai dengan Schematic yang akan anda buat atau tidak. Setelah itu tinggal memunculkan ide super kreatif anda untuk mengembangkan program ini menjadi lebih bagus lagi. Program ini hanya contoh sederhana yang Penulis buat berdasarkan pengalaman dikampus dan pembelajaran sendiri.

Untuk itu, silahkan persiapkan program dan perlatan yang diperlukan, dan semua itu masih sama dengan posting yang terdahulu. Untuk menindak lanjuti materi ini silahkan anda membuat alur Schematic dari program yang ingin anda buat, Kemudian tetaplah bersemangat untuk menghasilkan hasil seperti gambar dibawah ini :
Button vs LCD (2x16)

Button vs LCD (2x16)

Button vs LCD (2x16)

Button vs LCD (2x16)

Button vs LCD (2x16)
Demikianlah artikel Button vs LCD (2x16) ini kami buat, Jika ada hal yang belum dimengerti dan ada yang salah atau anda membutuhkan Source Kode serta Alur Schematicnya silahakan anda tinggalakan komentar didalam kolom komentar blog ini, dengan senang hati Penulis akan membalas dan menjawab pertanyaan dan permintaan anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih 

4 Responses so far

  1. Gan, ini pake software namanya apa,.? atai bisa saya minta link downloadnya gitu,, thanks

  2. Unknown says:

    software yang ane pake Proteus dan CodeVisionAvr sob,
    untuk link downloadnya ane kagak punya, coba aja search disimbah google :D

  3. Unknown says:

    gan ...minta source code ama skemanya dong ...buat belajar .. thanks
    Bang_thape@yahoo.com

  4. Unknown says:

    Kode Source & Schematicnya sudah ane kirim sob,
    semoga bermanfaat :D

    silahkan berkunjung kembali, jika ada yang belum dimengerti :D

Leave a Reply