Konsep Dasar WEB

1 komentar
Didalam membangun sesuatu, apapun itu harus dimulai dari dasar atau konsepnya terlebih dahulu. Baik itu dalam hal membangun suatu hal yang bersifat konkret ataupun abstrak. Karena ketika anda sudah berhasil membangun dasar-dasarnya dengan sesuai prosedur, untuk membangun yang lainnya pun akan semakin mudah.

Konsep Dasar WEBBegitu juga dalam merancang atau membangun sebuah WEB, anda harus terlebih dahulu mengetahui tentang Konsep-konsep Dasar WEB tersebut. Dengan ini, pada postingan kali ini penulis akan membahas mengenai Konsep Dasar WEB. Di mulai dari yang paling mendasar dengan penjelasan yang sangat sederhana, mudah dipahami dan dimengerti, seperti dibawah ini :

World Wide Web 
Adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang beguna  diindentifikasi oleh pengenal global yang disebut "Uniform Resource Identifier (URI)"

Uniform Resource Identifier (URI)
Teriri dari string karakter yang digunakan untuk identifikasi atau memberi suatu nama resource (sumber daya) di Internet.

Uniform Resource Locator (URL)
URL digunakanoleh browser untuk mengidentifikasi sumberdaya di Internet yang dituliskan dalam suatu baris teks. URL dapat dikatakan sebagai bagian dari URI

Hypertext
Suatu informasi yang dapat kita baca melalui Web Browser (IE, Mozilla FIrefix, Chrome, Opera dll). Kita dapat mengiktui link disetiap halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada server untuk berinteraksi/. Aktifitas tersebut disebut dengan Surfing (berselancara). Halaman Web biasanya diatur dalam koleksi material yang saling terkait, yang disebut dengan Website.

HTTP
Adalah standard request/respon anatara sebuah client dan server . Client (web browser) akan mulai melakukan permintaan (request) ke server. Server tersebut akan menerima request dari client dan akan mengembalikan jawaban (respon) ke client yang dapat berupa persan error atau informasi lainnya.

Internet ?
Internet adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan jaringan komputer, melalu sambungan telepon umum maupun pribadi. Secara individu, jaringan komponennya dikelola oleh agen-agen pemerintah, universitas, organisasi komersial, mauapun sukarelawan.

Menurut McBride dalam bukunya, The Internet

Secara harfiah, Internet ( kependekan dari Interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani milyaran pengguna diseluruh Dunia.Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan dengan Internetworking.

Demikianlah pembahasan mengenai Konsep Dasar WEB. Jika ada hal yang belum dimengerti silahkan tinggalkan komentar didalam kolom komentar.

One Response so far

  1. Blogger says:

    BlueHost is ultimately the best hosting company with plans for all of your hosting requirements.

Leave a Reply