Kata-kata yang Mengubah Dunia Dari Abdurrahman Wahid (Gusdur) Part 3

1 komentar
Setelah membaca quotes Gusdur part 2. Pada artikel kali akan melanjutnya berbagai quotes yang telah Gusdur ucapkan sehingga berdampak besar Bagi Indonesia dan luar Indonesia (dunia). Dibawah ini adalah quotes yang telah Gusdur ucpakan.
***
"Mau tidak mau kita harus memilih antara dua versi sejarah. versi perbedaan agamakah, atau versi pertentangan akibat ambisi-ambisi pribadi? Dari sinilah kita terjebak oleh keharusan membaca sejarah lama  dalam versi yang berbeda-beda. Inilah akibat langsung akan kesenangan bangsa kita akan lambang-lambang kesejarahan. Catatan sejarah hampir tidak dibuat, dengan demikian kita harus meraba-raba masa lampau kita sendiri. Inilah yang seharusnya kita lakukan, bukan sekedar menghafal tahun-tahun dan nama-nama dalam 'pelajaran'  sekolah kita. Kita bukannya mengingat-ingat tahun kejadian melainkan memahami sejarah sebagai sebuah proses"   
***
"Mistifikasi fakta akan sejarah memang terjadi dalam perjalanan panjang setiap bangsa. Tugas para sejahrawan adalah memisahkan fakta sejarah dari mistifikasi, dan dengan demikian, memishkan kenyataan sejarah dari legenda. Kegagalan seorang sejarawan untuk melakukan permisahaan seperti itu, hanya akan berujung pada pendafsiran  yang sa;ah atas sejarah. Karena itu, seringkali kita harus berhati-hati terhadap kecenderungan untuk mencari tema-tema besar dalam memahami sejarah masa lampau kita sendiri. Terutama dalam memisahkan mana yang faktual dan mana yang mitos dari "kebesaran" kerajaan-kerajaan masa lampau."
***
"Saya tidak khawatir dengan dominasi minoritas. Itu lahir karena kita yang serting merasa minder. Umat islam mungkin karena masa lalu sering dihantui rasa kekalahan dan kelemahan"
***
"Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyehaterakan umat yan g mereka pimpin"
***
"Agama mengajarkan pesan-pesan damai dan ekstremis  memutarbalikannya"
***
"Kalau anda tidak ingin dibatasi janganlah anda membatasi. Kita sendirilah yang seharusnya tahu batas masing-masing"
***
"Keragaman adalah keniscayaan akan hukum Tuhan atas lama Ciptaan-Nya"
***
"Pemahaman apapun yang berbeda apalagi bertentangan bisa menjadi bibit-bibit perpecahan dan persatuan bangsa"
***
"Tidak ada TKI yang ilegal, yang ada adalah negara melakukan pembiaran-pembiaran terhadap tumpah darah bangsanya"
***
"Guru spiritual saya adalah realitas dan guru realitas saya adalah spiritualas"
***
"Dalam hidup nyata dan dalam perjuangan yang tidak mudah, kita bukan tokoh dalam dongeng dan mitos yang gagah berani dan penuh sifat kepahlawanan. Kita, yang bukan tokoh mitos, yang punyak anak, istri dan keluarga, mengenal rasa takut. Meskipun takut kita jalani terus, berani melompat pagar batas ketakutan tadi, mungkin disitu harga kita ditetapkan"

One Response so far

  1. yunus_tea says:

    Bagus bung. Sayang masih banyak yang salah ketik. Jika diperbaiki akan lebih bagus. Makasih bung. Salam

Leave a Reply