Karena Pasar Komersial Komputer Desktop Indonesia Selamat

0 komentar
Penjualan perangkat komputer meja alias komputer desktop dikabarkan terus merosot di pasar global. Namun di Indonesia penjualan perangkat komputer tradisional itu masih terbilang baik.

Dell Indonesia mengaku bahwa pasar komputer desktop di Tanah Air masih potensial. Hal ini diungkapkan oleh Tie Lily, Marketing Director Indonesia and South Asia Developing Market Group Dell.

"Pasar komputer desktop di Indonesia masih bagus, kalau kita lihat di pasar global memang penjualannya menurun. Tapi di Indonesia gak gitu kok," papar Tie Lily yang ditemui Liputan6.com di Mall Mangga Dua Square kemarin malam.
 Karena Pasar Komersial Komputer Desktop Indonesia Selamat
Tren perangkat komputer mobile seperti notebook dan netbook memang telah mempengaruhi penjualan komputer desktop. Terlebih lagi ketika tablet PC lahir, netbook menjadi korban dari perubahan selera pasar yang beralih pada tablet.

Meskipun perangkat mobile terus bermunculan, menurut wanita yang akrab disapa Lily itu, desktop masih memiliki pasar yang cukup baik di pasar Indonesia.

Pasar komersial seperti bank, perusahaan tambang serta small medium business (SMB) diakui Lily menjadi penyerap utama dan 'penyelamat' penjualan perangkat komputer desktop buatan Dell. Perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat ini memang sejak awal lebih fokus bermain di pasar komersial.

"Kalau consumer mungkin beralih ke notebook atau tablet. Tapi, untuk pasar komersial desktop masih cukup baguslah penjualannya," kata Lily lagi.

Saat ini, Dell Indonesia disebutkan Lily sedang getol menggarap pasar SMB yang cukup besar di Indonesia. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menyebutkan terdapat sekitar 55 juta perusahaan di kategori UKM atau SMB.

Ia pun menyebutkan bahwa pangsa pasar notebook di kategori konsumer memang mendominasi drnga raihan 80%. Namun, di pasar komersil jumlah itu menjadi terbalik dengan 80% dikuasai komputer desktop. (den/dew)(tekno.liputan6.com)

Leave a Reply