Lenovo Kini Jadi Penguasa Pasar PC Global, setelah Gusur HP

0 komentar
Setelah sekian lama berkutat di posisi puncak penjualan perangkat personal computer (PC) di pasar global, Hewlett Packard (HP) akhirnya harus rela tergusur. Vendor komputer asal China Lenovo berhasil menggeser HP menjadi penguasa pasar PC.

Lenovo berhasil meraup penjualan yang cukup tinggi pada kuartal kedua tahun fiskal 2013 sehingga menjadi jawara di pasar komputer global. Lembaga International Data Corporation (IDC) menyebutkan Lenovo berhasil meraih 16,7% pangsa pasar PC global pada kuartal dua tahun 2013. Pada periode yang sama tahun sebelumnya pangsa pasarnya hanya 15%.
Lenovo Kini Jadi Penguasa Pasar PC Global, setelah Gusur HP
Sementara itu lembaga analis Gartner melaporkan Lenovo meraih pangsa pasar 16,7% persen di Q2 2013. Di periode yang sama tahun sebelumnya, Gartner mencatat Lenovo menguasai 14,9% pangsa pasar komputer global.

"Kami merasa senang dan berterima kasih kepada semua rekan termasuk awak media yang juga membantu Lenovo mendapatkan No.1 di pasar PC," ujar Rajesh Thadani, Country Manager Lenovo Indonesia di National Golf Club, Jakarta.

Rajesh juga mengaku bahwa pencapaian perusahaannya itu merupakan wujud keberhasilan strategi yang diterapkan perusahaan. Straregi yang dinamai 'Protect and Attack' diakuinya mampu membuat penjualan jajaran perangkat PC yang terdiri dari desktop PC, notebook dan All ini One (PC) tetap bertahan di tengah gempuran perangkat mobile.

Dalam laporannya tanggal 10 Juli lalu, Gartner menyebutkan bahwa pengiriman pc dunia mengalami penurunan sebesar 10,9% di Q2 2013. Tingginya adopsi komputer tablet memang diketahui mengikis pasar milik perangkat pc. (den/dew)(tekno.liputan6.com).

Leave a Reply