IDE Visual Basic 6.0

0 komentar
Untuk memulai menggunakan Visual Basic 6.0, hal pertama yang paling penting adalah memastikan bahwa kita sudah menginstallnya dalam komputer, kemudian memanggil program Visual Basic 6.0. Untuk langkahnya silahkan kembali membaca disini. Tiap-tiap bagian IDE dalam Visual Basic 6.0 diperlukan untuk mengembangkan (develop) program aplikasi.  Bagian-bagian dalam IDE Visual Basic 6.0  diantarnya sebagai berikut :
  • Menubar
IDE Visual Basic 6.0

Menubar yaitu perintah-perintah berbasis menu, seperti perintah untuk membuat project baru, save, exit pada menu File atau perintah cut, copy, paste pada menu Edit dan menu-menu lainnya.
  • Toolbar
IDE Visual Basic 6.0

Toolbar yaitu tombol atau icon yang mewakili menu-menu tertentu seperti menu Save diwakili oleh toolbar dengan icon disket, atau  menu Cut dengan icon gunting
  • ToolBox
IDE Visual Basic 6.0 

Toolbox dapat diibaratkan sebagai kotak perkakas, karena semua komponen atau object VCL (Visual Component Library) yang diperlukan untuk membangun sebuah program terdapat disini.
  • Object Viewer

IDE Visual Basic 6.0

Object Viewer merupakan area kerja utama, yaitu sebagai tempat merancang antarmuka dan meletkan objek atau komponen aplikasi
  • Code Viewer
IDE Visual Basic 6.0

Code Viewer merupakan media untuk merancang / menulis kode program, code viewer terdiri dari daftar object diikuti dengan events dan editor tempat meulis kode program.
  • Projext Explorer

IDE Visual Basic 6.0

Project Explorer menampilkan file-file yang terlibat dalam program, dengan project exploter kita akan lebih mudah mengetahui dan mengatur file utama dan file-file pendukung yang terlibat dalam project yang kita buat.
  • Properties Window

IDE Visual Basic 6.0

Properties Window menampilkan properties dari setiap objek yang kita pilij, perlu diingat bahwa form juga merupakan sebuah objek. Dalam properties window kita dapat memanipulasu nilai property dari sebuah objek seperti nama, caption, warna, font dan lain-lain.
  • Form Layout
IDE Visual Basic 6.0

Form layout berguna untuk mengatur posisi form ketika dijalankan.

Demikianlah pembahasan mengenai IDE Visual Basic 6.0. Jika ada hal yang belum dimengerti sialhkan tinggalkan komentar dialam kolom komentar.


Leave a Reply