Wow! Harta Karun Bangsa Viking Ditemukan di Inggris

0 komentar

Seorang pencari harta karun menemuka harta karun bangsa Viking yang terkubur di dalam tanah di utara Lancashire, Inggris. Harta karun itu berupa uang koin dan perhiasan perak yang berusia lebih dari 1.000 tahun.

Seperti diberitakan The Telegraph, Kamis (15/12/2011), harta karun itu ditemukan di dalam sebuah pot yang tertimbun di dalam tanah. 

Para ahli dari Museum Inggris menyebutkan harta karun itu ditempatkan di dalam sebuah pot dan dikuburkan di dalam tanah, saat bangsa Anglo-Saxon sedang berusaha merebut wilayah itu dari bangsa Viking.

Totalnya ada sekitar 201 benda yang ditemukan, termasuk 27 koin yang berasal dari tahun 900 Masehi. Kala itu Viking diusir dari Dublin saat melawan bangsa Anglo-Saxon untuk mengambil kontrol atas Inggris utara.

Koin itu termasuk dari Alfred Agung, yang memerintah 871-899 Masehi dari kerajaan Viking Northumbria. Salah satu koin perak bertuliskan Charles dan perak lain terukir nama Airdeconut, seorang penguasa Viking di Inggris utara.

"Ini penemuan yang sangat penting. Ini penemuan yang besar dan penemuan keempat terbesar bangsa Viking yang ditemukan di Inggris," kata seorang juru bicara Museum Inggris.

Leave a Reply