Waspada! Gunung Ijen di Jatim Mulai Bergejolak

2 komentar
Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Kawah Ijen di Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung tersebut dinaikkan statusnya dari normal (level 1) ke waspada (level 2).

Informasi ini disampaikan oleh Humas BNPB Sutopo Purwonugroho dalam rilis kepada detikcom, Kamis (15/12/2011). Status ini mulai dinaikkan sejak pukul 01.00 WIB dinihari.

"Berdasarkan hasil pengamatan kegempaan, visual dan suhu air danau kawah serta analisis data tersebut, maka status kegiatan kawah Ijen dinaikkan statusnya dari Normal (LEVEL 1 ) ke Waspada (LEVEL II)," kata Sutopo.

Dengan peningkatan status ini, Sutopo meminta agar para pendaki atau pengunjung tidak mendekati kawah di puncak dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif. Masyarakat juga diimbau tetap tenang.

"Masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar kawah Ijen dalam KRB II untuk selalu waspada dan tetap memperhatikan perkembangan kegiatan kawah Ijen yang dikeluarkan oleh BPBD setempat," sambungnya.

Peningkatan status ini semakin menambah daftar gunung yang bergejolak di Tanah Air. Saat ini 5 gunung siaga dan 19 status waspada.

2 Responses so far

  1. Wah gawat juga nih, satu demi satu gunung yg masih aktif pada bersiap muntahin lahar... :O

  2. iya sobb..

    Waspada waspada... Kiamat Kecil sudah terjadi ... :(

    Trimakasih sudah berkunjung sob

Leave a Reply