Pembatasan Premium Takkan Rusak Target Penjualan Mobil

0 komentar

Asosiasi produsen mobil telah menargetkan penjualan kendaraan akan mencapai 1 juta unit di 2013. Namun mengingat per 1 April 2011 pemerintah akan melarang kendaraan pribadi mengguna BBM bersubsidi, apakah ini bisa merusak target dan penjualan kendaraan di tahun-tahun mendatang?

"Kalau saya agak berpikir lain, apakah dengan tidak mengisi bahan bakar bersubsidi seperti premium saya tidak berangkat kerja. Menurut saya tidak," ujar Vice President Director Sales dan Marketing NMI, Teddy Irawan, saat dihubungi detikoto, Kamis(15/12/2011).

Teddy menuturkan penjualan mobil tetap meningkat meski tak lagi diperbolehkan mengisi Premium. Akan tetapi Teddy pun mengakui dengan ditetapkannya peraturan baru yang tidak memperbolehkan kendaraan pribadi menggunakan BBM bersubsidi dari pemerintah, akan mendapatkan komplain dari masyarakat walaupun hanya sebentar.

"Dan menurut saya ini tidak akan mempengaruhi penjualan kendaraan, tapi komplain masyarakat itu pasti ada. Tapi kalau konsisten dan realisasinya setelah pengurangan BBM bersubsidi ini dialihkan ke sesuatu yang benar, komplain itu hanya berlaku sesaat saja,"katanya.

"Karena masyarakat ujung-ujungnya melihat pengeluaran bukan harga bensin tersebut. Misalnya ternyata dengan menggunakan kendaraan berbahan bakar yang lebih mahal namun pengeluarannya lebih sedikit karena infra struktur yang baik dan membuat bahan bakar lebih efisien ini tidak akan masalah," tutup Teddy.
Sementara itu dalam polling yang pernah dilakukan detikOto pada tahun 2010 lalu, terlihat kalau rencana ini masih banyak pro-kontra.

Meski sebagian besar mengaku setuju dengan kebijakan ini, yang kontra pun tidak kalah banyak.

Berikut hasil polling detikOto:

PersentaseJumlah Suara
Tidak Setuju44,2776
Setuju55,73977
Total1001.753

Jika jadi dilaksanakan, kebijakan ini diyakini bakal membuat masyarakat mencari mobil-mobil yang irit BBM, atau bahkan menggunakan motor. Namun efek ini diperkirakan hanya berlaku sementara, setelah 3 bulanan, pengguna mobil kembali akan menggunakan mobilnya.

Leave a Reply