Apple Patenkan Gerakan Jari Layar Ponsel

0 komentar
Perang antar produsen telepon selular layar sentuh bakal makin memanas. Pemicunya, karena salah satu produsen telepon jenis itu, Apple Inc, mendapat hak paten di Amerika Serikat (AS) untuk cara membuka fitur ponsel dengan gerakan jari.



Demikian berita yang dilansir www.cellular-news.com, pada 26 Oktober 2011. Diberitakan, Apple kini seolah berada di atas angin dalam kompetisi produk ponsel layar sentuh di dunia. Mengingat, hak paten gerakan jari tangan untuk membuka fitur ponsel layar sentuh kini menjadi milik Apple. Padahal, produk dengan teknologi sama untuk membuka dan mengunci sudah banyak dipasarkan pesaingnya.



Peraturan paten di AS tentang gerakan jari untuk membuka ponsel layar sentuh menguraikan, “Perangkat dengan layar sentuh yang sensitif dapat dibuka melalui gerakan pada layar sentuh. Gerakan yang dimaksud jika disentuhkan pada layar dengan gerakan tertentu. Setelah layar terbuka, kemudian tampak satu atau lebih gambar untuk operasi perangkat. Gerakan jari yang ditentukan untuk membuka gambar termasuk memindahkan gambar termasuk gambar bergerak ke lokasi yang telah ditetapkan. Perangkat ini juga dapat menampilkan isyarat visual dari gerakan yang telah ditetapkan pada layar sentuh untuk mengingatkan pengguna dari gerakan itu.”



Bila ditilik dari penjelasan paten ini, tampaknya cukup luas menguraikan bagaimana proses membuka fitur pada ponsel layar sentuh. Seperti menggesek kunci pada ponsel produksi HTC, atau gelembung antarmuka yang dirancang oleh Nokia beta-laboratorium.



Namun, apa yang didapat Apple di AS agak sulit menembus Eropa. Pasalnya, di benua ini, hak paten untuk ponsel layar sentuh hanya diberikan apabila sudah ada dampak langsung pada kinerja perangkat keras ‘hardware’.

Leave a Reply