Persiapan Program Aplikasi Pendukung Untuk Membangun Sebuah WEB

0 komentar
Didalam membangun suatu hal, misalnya Rumah, sebelum memulai bekerja, baik tukang maupun pemilik rumah yang akan dibangun harus sudah menyiapakan bahan-bahan, alat yang akan digunakan dan diperlukan untuk mendukung terwujudnya sebuah rumah yang indah, baik itu dari bahan yang bersifat kasar maupun lunak, seperti : pasir, semen, batu dan lain sebagainya.

Persiapan Program Aplikasi Pendukung Untuk Membangun Sebuah WEB

Begitu juga dalam membangun WEB ini, sebelum melakukan Pemprograman WEB atau  coding, proses pembuatan sebuah WEB, seorang programmer WEB harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan, alat dan persenjataan yang akan digunakan dan diperlukan untuk mendukung terwujudnya sebuah WEB yang indah, responsive dan lain sebagainya. 

Berdasarkan hal diatas, maka penulis akan membahas mengenai Persiapan Program Aplikasi Pendukung Untuk Membangun Sebuah WEB. Berikut adalah daftar program aplikasi yang harus terinstall di dalam komputer yang akan digunakan untuk membangun sebuah WEB,

Sistem Operasi
Sistem operasi yang direkomendasikan adalah Microsoft WIndows, Mac OS X, Linux. Karena pada dasarnya user sekarang kebanyakan menggunakan sistem operasi diatas. Selain itu, keempat sistem operasi diatas sangat popular dan familiar di masyarakat umum.

Web Browser
Setiap komputer yang memiliki sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS x pasti memiliki web browser default atau browser yang diinstal terpisah.

Web Server Apache
Saat ini Apache sudah dapat diinstal di banyak sistem operasi. Silahkan unduh versi terbaru APache dari situs resminya dan pilih Apache yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Modul PHP
Saat ini situs resmi PHP telah tersedia file master modul PHP untuk masing-masing sistem operasi. Silahkan unduh masternya yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Database Server MySQL
Saat ini situs resmi MYSQL sudah menyediakan master database MYSQL yang dapat diunduh secara bebas untuk berbagai macam sistem operasi.

XAMPP
Jika Anda tidak mau direportkan dengan menginstal satu persatu program diatas (Web Server Apache, Modul PHP, Database Server MySQL) saat ini telah tersedia banyak sekali aplikasi yang mampu mengintegrasikan ketiga software diatas kedalam satu paket aplikasi. Contohnya adalah software XAMPP, software ini tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Max OS X. 

Demikianlah pembahasan mengenai Persiapan Program Aplikasi Pendukung Untuk Membangun Sebuah WEB. Jika ada hal yang belum dimengerti silahkan tinggalkan komentar didalam kolom komentar.

Leave a Reply