Google Tutup Layanan Friend Connect

7 komentar
Google Akan Menutup Layanan Friend Connect - Search engine Raksasa Google, akan kembali menutup salah satu layanannya. Setelah beberapa waktu yang lalu Google menghapus layanan Google Buzz, kini Google akan menghapus layanan Google Friend Connect. Layanan tersebut memungkinkan website, termasuk fitur sosial di situs mereka sehingga pengunjung dapat melakukan hal-hal seperti menambahkan komentar, sig-in, melihat pengguna lain dan memberikan suara atau pendapat. Selain Google Friend Connect, Knol salah satu layanan Sosial Bookmarking juga akan di hapus oleh Google.

Google Friend Connect pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 untuk mennadingi kedigdayaan dari Facebook Social Networking milik Mark Zuckerberg. Facebook sendiri melakukan antisipasi dengan memblokirnya sehingga tidak bisa mengkases data pengguna. Facebook beralasan bahwa layanan tersebut meredistribusi data Facebook tanpa izin pengguna.

Google Friend Connect sendiri sebenarnya sebuah layanan yang menguntungkan untuk blogger. Apalagi blogger dari Indonesia yang mempunyai blog dan kesulitan untuk mendapatkan income dari Google Adsense. Google Friend Connect memungkinkan penayang iklan dari Google Adwords menampilkan iklan yang relevan sesuai konten blognya yang menggunakan bahasa Indonesia. Seperti yang di ketahui sebelumnya, Google memang belum resmi mengizinkan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang bisa menampilkan iklan dari Google. Seperti yang pernah saya tulis di artikel saya Google Friend Connect iklan dari Google Adsense akan tampil di blog bahasa Indonesia.

Hal ini tentu akan menjadi berita buruk bagi sebagian publisher blog berbahasa Indonesia untuk mendapatkan penghasilan melalui google Adsense. Namun semua kehendak dari Google untuk melepas atau mempertahankan layanannya.



ZAID SHIBGHATALLAH

7 Responses so far

  1. wah, apakah widget follower di blog dan adsense yg dipasang dari script GFC akan hilang / ngga bisa muncul?

  2. Sepertinya begitu ..

    Tetapi Semua Keptusan kembali kepada pihak google :)

  3. Ageboy says:

    apa benar ini berita gan?

  4. iya gan isu nya begini..

    kita berdoa aja supaya google tidak menutup layanan follow mem follow atau google contact friend ..

  5. BaBloglo says:

    wahhh sayang yah..padahal dh jadi kebiasaan blogger tuh pasang wiget..

  6. iyah mas, begitu juga dengan kebiasaan saya mengumpulkan teman dengan menggunakan google friend connect..

    yah, kita berdoa saja supaya google tidak jadi menutup layanan ini..

  7. Blogger says:

    If you're looking for an excellent contextual ad company, I recommend that you take a look at Chitika.

Leave a Reply